Permainan Tradisional

Permainan Tradisional Ini Dijamin Mengingatkanmu pada Masa Kecil

Masa kecil pasti selalu dipenuhi dengan ingatan akan bermainan. Jika kamu lahir dari masa ketika gadget belum secanggih saat ini, pasti kamu sering mengajak teman-teman di sekitarmu untuk bermain. Beragam permainan tradisional sangat diminati dan sering dimainkan sebagai media hiburan. Banyak sekali jenis permainan tradisional dari beragam daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan juga daerah lainnya.

Hingga saat ini, permainan tradisional tersebut masih sering dilakukan meskipun sudah tidak sesering dahulu. Berikut beberapa permainan tradisional yang anak tahun 90-an tidak bisa lupakan.

Petak Umpet

Permainan legend yang satu ini sangat melekat dan tidak mungkin bisa dilupakan. Permainan ini bisa dilakukan oleh banyak orang. Semakin banyak yang ikut bermain, semakin bagus.

Cara bermainnya pun cukup mudah. Dalam beberapa orang pemain, akan dipilih satu orang yang menjaga, biasanya diputuskan dari siapa yang kalah saat hompimpa. Satu orang tersebut akan berjaga dan menutup matanya kemudian berhitung sesuai dengan angka yang disepakati. Sementara itu, pemain yang lain mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah selesai berhitung, penjaga akan mencari para pemain yang lain.

Kelereng atau Gundu

Bola kecil yang satu ini menyimpan banyak kenangan. Yup, kelereng atau dikenal juga sebagai gundu, sering dijadikan sebagai permainan yang dimainkan anak laki-laki. Cara mainnya cukup mudah, yaitu mengumpulkan gundu hingga menjadi sebuah formasi. Setelah tersusun, para pemain akan mencoba satu per satu untuk mengenai gundu milik kita. Jika gundu kita terkena, maka gundu tersebut akan menjadi pilik lawan. Semakin banyak gundu yang dimiliki, maka dialah yang menjadi pemenang.

Lompat Tali

Para anak perempuan, pasti sangat familiar dengan permainan yang satu ini. Permainan lompat tali adalah permainan yang harus dilakukan oleh lebih dari dua orang. Dua orang akan berjaga memegang karet, sementara tim lawan akan melompati karet tersebut.

Baca Juga :  Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Tahan Panas

Permainan ini awalnya terlihat mudah, jika masih berada di level awal. Semakin tinggi level, semakin tinggi pula tali yang harus dilompati. Orang yang bisa melompati hingga level tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Bola Bekel

Selanjutnya ada permainan bola bekel. Permainan yang satu ini tidak membutuhkan banyak tenaga, tetapi membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dalam permainan bola bekel, ada satu bola dan beberapa biji yang harus diambil. Awalnya hanya satu biji yang diambil dalam satu kali lemparan bola. Kemudian selanjutnya biji yang harus diambil terus bertambah.

Kelihatannya sangat mudah, tetapi bagi kamu yang kurang konsentrasi dan tidak cekatan, permainan ini sungguh menantang, loh.

Permainan Egrang

Siapa yang tidak kenal permainan yang satu ini? Egrang merupakan permaina  tradisional yang cukup sulit dilakukan. Permainan ini dipopularkan oleh masyarakat Jakarta. Egrang merupakan susunan dua buah bambu yang didesain khusus untuk bisa dinaiki dan diajak berjalan. Nah, tantangannya adalah kamu harus bisa menaiki bambu tersebut dan berjalan bersamanya. Diperlukan keseimbangan untuk bisa memainkan permainan ini. Jadi jangan sampai terjatuh, ya.

Gobak Sodor atau Benteng

Selanjutnya ada permainan gobak sodor. Permainan ini cukup popular pada masanya. Cara mainnya, dibutuhkan strategi dan kelincahan berlari. Pada permainan ini, dibutuhkan dua orang tim. Tim pertama yang berjaga pada garis yang sudah ditentukan dan tim kedua akan melewati garis tersebut. Jika tim kedua mampu melewati seluruh garis hingga finish, maka dialah yang akan menjadi pemenang.

Itulah beberapa permainan tradisional yang sangat popular. Hingga saat ini, permainan tersebut masih dilakukan meskipun tidak sesering dahulu.